Fenomena Alam, Gerhana Matahari Hibrida Terlihat di Beberapa Wilayah Indonesia

Publik Editor oleh: Eric
Denpasar, Tribuntujuwali.com

Beberapa fenomena alam akan terjadi,  dengan adanya gerhana Matahari.

Fenomena alam yang langka yakni Gerhana Matahari Hibrida akan terjadi dan dapat dilihat di beberapa wilayah di Indonesia, Kamis (20/4/2023) besok siang.

Gerhana Matahari Hibrid adalah gerhana matahari yang memiliki 2 macam gerhana berbeda yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam satu fenomena. Dimulai dengan Gerhana Matahari Cincin berubah menjadi Gerhana Matahari Total, kemudian kembali menjadi Gerhana Matahari Cincin dalam waktu singkat. Demikian penjelasan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI dikutip dari akun resmi Instagramnya.

Sementara menurut BMKG, untuk di Denpasar Bali Gerhana Matahari Hibrid berdurasi 3 jam 00 menit. Awal sebagian terjadi pukul10.28 Wita, puncak gerhana 11.56 Wita, dan akhir sebagian pukul 13.28 Wita.

Selain itu Gerhana Matahari Hibrid di Indonesia dapat diamati secara total dan sebagian. Untuk Gerhana Matahari Total di Indonesia akan melewati tiga provinsi, yaitu Maluku, Papua Barat, dan Papua. Jalur total gerhana ini akan melewati 3 provinsi, yaitu Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG menegaskan Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan dan selalu terjadi pada saat fase purnama.

Pada tahun 2023 ini diprediksi terjadi empat kali gerhana, yaitu:

- Gerhana Matahari Hibrid (GMH) 20 April 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.
- Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5-6 Mei 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.
- Gerhana Matahari Cincin (GMC) 14 Oktober 2023 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, dan
- Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 29 Oktober 2023 yang dapat diamati dari Indonesia. (BB/501). **"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال