Ungkit Dosa Orde Baru, Raden Hamzaiya Minta 5 Sertifikat Vihara di Cirebon tuk dikembalikan dari Pemerintah

Cirebon,Tribuntujuwali.com
Pegiat Sejarah Cirebon Raden Hamzaiya mempertanyakan keberadaan 5 Sertifikat yang hingga saat ini keberadaan nya masih belum jelas.

Kelima vihara tersebut yaitu, Vihara Dewi Welas Asih, Vihara Pemancar Keselamatan, Klenteng Talang, Vihara Budi Asih dan Mes Guru Talang. Ujar Raden Hamzaiya.

"Padahal sebenarnya lima vihara ini sudah berdiri lama, Vihara Dewi Welas Asih berdiri pada tahun1595, Klenteng Talang berdiri pada 1450. Sudah berdiri ratusan tahun, jauh sebelum Indonesia merdeka," jelasnya

"Sertifikat kelima vihara yang ada di Kita Cirebon diambil paksa oleh pemerintah melalui oknum pejabat pada masa orde baru saat itu pada tahun 1997," 

Dirinya menuturkan, informasi tersebut didapatkan berdasarkan Sekretaris Yayasan Budha Metta, Richard D Pekasa yang menyatakan jika keberadaan sertifikat tersebut ditahan pada masa pemerintahan orde baru.

Menurut Richard, pemerintah seharusnya sudah mengembalikan sertifikat kelima kelenteng tersebut. Terlebih lagi, kelima kelenteng tersebut merupakan bangunan bersejarah.

"Saya berharap bisa diselesaikan dan dikembalikan sebagai bukti kepemilikan yang sah juga guna kepentingan pelestarian bangunan tempat ibadah serta pelestarian cagar budaya,"Tutup Raden Hamzaiya.

Keterangan ini disampaikan pada Senin 5 Juni 2023. ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال