Resmi Baiat 4 Anggota Mapaba ke V, PMII Mimika Akan Tanamkan Nilai Ukhuwah Islamiyah

Publik oleh ;Eric
Timika, Tribuntujuwali.com
Sebanyak empat anggota baru yang dibaiat dalam kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Cabang Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) kabupaten Mimika, pembayatan ini dilakukan setelah calon anggota baru mengikuti dan menerima materi kaderisasi pada Sabtu, 11/03/23 sampai dengan Minggu,12/03/23 di kantor PC NU Kabupaten Mimika, Papua Tengah. 

Dalam setiap agenda kaderisasi yang akan dilakukan ke depannya, PMII Mimika akan tetap menanamkan nilai-nilai organisasi maupun nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama Islam.

Kegiatan kaderisasi yang ke lima dengan usungan tema "Membentuk Insan Pergerakan Yang Cinta Cerdas, Ilmia. Nasionalis Tanggung jawab dan agamis (CINTA) Di erah Milenial itu dihadiri oleh pengurus PC NU Mimika, organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Cipayung, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Mimika, Ketua GP Ansor Mimika, Alumni PMII, ketua KAHMI Mimika dan organisasi kepemudaan lainnya. 

Ketua Cabang Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Mimika, Abdullah Rahman Bugis mengatakan ada enam calon anggota baru yang ikut dalam kegiatan Mapaba ke lima ini, namun ada dua calon anggota yang tidak menyelesaikan proses penerimaan materi hingga akhir kegiatan. Dua calon anggota tersebut dinyatakan gugur sehingga hanya terdapat empat calon anggota baru yang nyatakan lulus dan dibaiat menjadi anggota sah PMII kabupaten Mimika.  Dari empat anggota baru tersebut, yang menarik perhatian adalah ada  terdapat dua anggota istimewa, yang disebut dengan anggota istimewa adalah anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang tidak berkeyakinan Islam atau di luar agama Islam. 

Dalam lengembangan potensi anggota baru ini, Abdullah mengungkapkan bahwa ke depannya pengurus cabang persiapan PMII akan melakukan diskusi dan kajian oleh pengurus cabang maupun alumni-alumni PMII yang berada di Mimika.  Selain itu, pengurus cabang juga berupaya keras untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam PMII yakni ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan umat Islam,lalu ukhuwah wathaniyah yaitu persaudaraan bangsa, dan ukhuwah basyariyah yang dikenal sebagai persaudaraan umat manusia, di mana Ukhuwah basyariyah ini bisa juga disebut ukhuwah insaniyah.

Ia berharap agar anggota baru menjadi anggota yang selalu menanam rasa cinta terhadap organisasi dan betul-betul mengembangkan potensi yang dimiliki dan tentunya berperan aktif dalam setiap kegiatan, baik kegiatan internal maupun eksternal. Keterlibatan dalam setiap momentum kegiatan ini merupakan suatu upaya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anggota. 

Pria yang akrab disapa Fhami itu mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan Pleno I Cabang untuk membahas agenda kedudukan struktural dan membedah Pedoman Organisasi (PO) yang akan disesuaikan dengan kebutuhan Cabang Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Mimika. Selain itu, cabang persiapan PMII Mimika juga akan melaksanakan agenda Pendidikan Kader Dasar (PKD) yang merupakan agenda kaderisasi tingkat kedua setelah Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba).

"Seperti yang kita ketahui bahwa program kaderisasi ini merupakan jantung daripada sebuah organisasi sehingga menjadi program prioritas dari organisasi, kaderisasi ini menjadi penting karena melahirkan regenerasi sehingga eksistensi organisasi tetap terjaga" tuturnya.  

Fhami menambahkan bahwa ada juga beberapa program yang akan direalisasikan dalam bulan puasa nanti, program-program tersebut di antaranya adalah pembagian takjil, tausiah, dan buka puasa bersama.

Tim Redaksi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال