Rutan Kelas I Jakarta Pusat Selenggarakan Pelatihan Keamanan Pangan Bagi Tenaga Pengolah Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

 Pelatihan Keamanan Pangan Bagi Tenaga Pengolah Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 


JAKARTA,Tribuntujuwali.com
Rutan Kelas I Jakarta Pusat menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Pangan bagi Tenaga Pengolah Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Kegiatan ini bertajuk “Pemberdayaan Tenaga Pengolah Makanan Dalam Pengelolaan Hygiene Sanitasi Makanan”. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rutan Kelas I Jakarta Pusat dan Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II. Kegiatan pelatihan berlangsung pada Kamis, (03/11/2023) di Ruang Kunjungan Rutan Kelas I Jakarta Pusat dan diikuti oleh Petugas Dapur UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Kegiatan Pelatihan Keamanan Pangan ini dihadiri langsung oleh Koordinator Kebutuhan Dasar dan Kesehatan Lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Surakmat), Kepala Subbidang Pelayanan Tahanan,Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Alita Anzani, serta Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II. Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat Fauzi Harahap menyampaikan sambutan singkat pada pembukaan kegiatan pelatihan terkait keamanan pangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Jakarta II yang telah menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan bagi para ‘Pejuang Dapur’. Semoga dengan terlaksananya kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi penyelenggara makanan di wilyah Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta,” tutur Fauzi Harahap. 

Sebelum dimulainya pemaparan materi pelatihan, para peserta pelatihan yang merupakan Penjamah Makanan atau ‘Pejuang Dapur’ ini diwajibkan untuk mengisi Pre Test terkait Hygiene Penyelenggara Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Setelah itu, Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta II memberikan pemaparan terkait Penerapan Enam Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan, Kualitas Dapur, serta Kualitas Bakteriologi Air, Makanan dan Kebersihan Penjamah.

“Seorang Penjamah Makanan harus mengetahui bagaimana mempersiapkan bahan makanan hingga menyajikan makanan dan memperhatikan kebersihan dari alat memasak dan bahan-bahan yang diolah supaya nantinya makanan tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh,” terang Dosen Ilmu Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II Didit Damayanti. 

Kegiatan Pelatihan Keamanan Pangan bagi Tenaga Pengolah Makanan di UPT Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ditutup dengan pengisian Post Test para peserta pelatihan dan juga pembagian doorprize.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال