Data Penerima Bansos Desa Lubuk Cuik Kental Unsur Nepotisme


Batubara, Tribuntujuwali.com
30/11/22. Pendataan Bantuan Sosial di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara sangat tidak tepat sasaran.

Dimana terdapat data penerima bansos yang tidak sesuai dengan kriteria penerima bansos dari Kementerian Sosial. Warga Dusun 7 Desa Lubuk Cuik sangat menyesalkan carut marut data penerima bansos tersebut. 
Sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2022, Warga telah melaporkan terkait tidak sesuainya penerima bansos atau tidak tepat sasaran ke Pjs Desa Lubuk Cuik, namun pada saat itu hanya ditanggapi secara dingin dan akan diteruskan ke Sekretaris Desa. Namun hingga saat ini masih ditemukan masalah tersebut dan membuat Warga Dusun 7 menjadi geram.
Sementara itu Pejabat Sementara (Pjs) Desa Lubuk Cuik Hamidah menyebut ia baru mengetahui masalah tersebut.

"Saya aja tak ada dengar masalah bansos..baru ini la  saya dgr (dengar) ada masalah....," sebut Pjs Desa Lubuk Cuik Hamidah, Selasa 29 November 2022.

Dan saat di konfirmasi lagi, Pjs Desa Lubuk Cuik tidak memberikan jawaban apapun.

Salah seorang Warga Dusun 7 Desa Lubuk Cuik mengatakan jika selama ini yang mendapat Bansos adalah keluarga orang sangat mampu dan kerabat Kepala Dusun atau Kaur Desa.

"Yang dapat bansos pasti keluarga orang Balai Desa, kalau miskin kayak kita ya enggak apa-apa, ini Kaya sawitnya lebar, rumahnya gedong," ujar salah seorang Warga Dusun 7 Desa Lubuk Cuik Emen.

Ia juga menambahkan jika Warga Dusun 7 hanya dianak tirikan atau tidak tersentuh Pembangunan seperti di dusun lain.

"Jalan Kami yang dibelakang itu sudah sangat tidak layak, seperti anak tiri, apalagi masalah Bansos yang dapat pasti orang kaya, ganti Kepala Desa pun masih enggak beres, apa kerja Kepala Desa sekarang?," tambah Warga tersebut.

Selain itu jika pendataan penerima bansos dilakukan oleh petugas Desa atau data lama, maka pihak Desa seharusnya mengecek mengkoreksi lagi, apakah data tersebut masih layak menerima atau tidak.
"Itu wewenang Desa bang, yang data mereka, yang menyanggah juga orang Desa, enggak mungkin orang Dinas Sosial tahu kehidupan Warga sini, enggak mungkin dong Warga yang meninggal masih terdaftar, pasti kan orang Desa yang nyanggah" katanya.
Warga berharap kepada Kementerian Sosial dan juga Pjs Desa Lubuk Cuik agar memperbaiki data penerima bansos yang tidak tepat sasaran dengan mengecek langsung ke rumah penerima bansos agar tercipta data yang tepat sasaran.

"Kami minta Dinsos dan Kepala Desa turun langsung untuk Cek kondisi penerima bansos, sesuai enggak?," jelas warga paruh baya itu.

"Kami kecewa, kok kayak disengaja, kapan majunya desa kita kalau kayak gini, kepala desa saat ini ngapain?," pungkasnya.***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال