Dubai Punya Menteri Kebahagiaan, Kota Kaya Raya dan Ini 7 Pelayanan Gratis ke Rakyatnya


Dubai, Tribuntujuwali.com
Ukuran kesejahteraan sebuah negara ditentukan oleh tingkat kebahagiaan rakyatnya. Oleh karena itu pemerintah memberikan jaminan sosial dan pelayanan gratis untuk menjamin tidak ada warganya yang miskin.
Inilah yang diterapkan di Kota Dubai yang merupakan bagian dari negara Uni Emirat Arab. Negara kota ini mempunyai Menteri Kebahagiaan yang ditetapkan pada 2016. Hal itu bukan hanya tercatat sebagai jabatan baru, tetapi yang pertama di dunia. 
Tugas utama dari menteri kebahagiaan adalah menciptakan kebahagiaan nasional dan kepuasaan sosial untuk seluruh penduduk lokal, sejak lahir sampai mati. 

Adapun Menteri Kebahagiaan pertama yang ditunjuk adalah Ohood binti Khalfan Al Rhoumi. Di bawah kepemimpinannya, Pemerintah Dubai memberikan terobosan layanan dan fasilitas kepada penduduk untuk mewujudkan Dubai sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia. 
Negara bagian UEA ini telah menyiapkan program “happiness meters” berbasis digital untuk mengukur suasana hati warga, penduduk, dan pengunjung, terutama ketika mereka berinteraksi dengan layanan pemerintah Dubai.
Tak hanya itu, penduduk pun mendapatkan sejumlah fasilitas atau layanan bebas biaya, mulai dari biaya kelahiran, pendidikan dari SD sampai kuliah, menikah, pengobatan penyakit kritis, memiliki rumah, hingga meninggal dunia. 

Hanya dengan mengantongi kartu penduduk Dubai, Anda dapat menikmati manfaat atau fasilitas yang benar-benat tanpa biaya alias Free. 

Lantas apa saja fasilitas dan layanan gratis yang diperoleh penduduk Dubai?

1. Setiap anak dari penduduk Dubai yang lahir, mendapat biaya rumah sakit gratis bahkan hingga check up dan perawatan kesehatan secara gratis hingga 9 bulan.

2. Saat anak Dubai masuk ke sekolah dasar, semua biaya juga gratis. Bahkan Anda dapat menempuh pendidikan atau kuliah di luar negeri juga secara gratis karena dibayar pemerintah.

3. Ketika memutuskan untuk menikah, pasangan penduduk Dubai akan mendapat 20.000 dolar AS atau sekitar Rp313,822 juta dari pemerintah untuk biaya pernikahan.

4. Setelah menikah, setiap pasangan yang berkeluarga memperoleh tanah gratis untuk membangun rumah. Jika tak memiliki dana untuk membangun rumah, maka mereka dapat mengajukan pinjaman ke bank untuk membangun rumah dengan bunga nol persen.

5. Untuk perawatan kesehatan, Pemerintah Dubai memberikan layanan yang mencengangkan untuk penduduknya. Jika penyakit yang diderita warga Dubai tak dapat diobati di rumah sakit di negara itu, maka pasien akan dikirim ke rumah sakit terbaik di luar negeri untuk mendapat perawatan bahkan menjalani operasi yang seluruh biayanya juga ditanggung pemerintah. 

6. Salah satu layanan Pemerintah Dubai yang menakjubkan adalah perlindungan kepada penduduk lanjut usia (lansia). Penduduk lansia Dubai mendapatkan banyak potongan atau diskon untuk banyak biaya. 

Tak hanya itu, jika penduduk lansia tersebut hidup sendiri, maka mereka secara rutin mendapat kunjungan dari petugas kesehatan dan petugas sosial untuk mengecek kesehatan dan keadaan mereka. 

7. Saat ada penduduk yang meninggal, pemerintah akan memberikan layanan gratis mulai dari tempat disemayamkannya jenazah yang lengkap dengan tenda berpendingin udara, hingga upacara pemakaman yang difasilitasi pemerintah.    

Berkat terobosan yang dilakukan menteri kebahagiaan, tingkat kebahagiaan penduduk Dubai dikabarkan meningkat. Hasil survei menunjukkan kebahagiaan karyawan di UEA meningkat 24 persen antara 2016-2018.

Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah di berbagai negara untuk memerhatikan kesejahteraan rakyatnya. Namun apa yang dilakukan pemerintah Dubai bukan hanya sekadar menyejahterahkan tapi juga untuk membuat penduduknya bahagia. 

Meski demikian, layanan dan fasilitas serba gratis ini hanya dapat dinikmati penduduk lokal Dubai yang jumlahnya sekitar 15 persen dari total penduduk sebesar 3-4 juta orang.

Artikel ini Dikutip dari Inews dengan judul Kota Kaya Raya Dubai Punya Menteri Kebahagiaan, Ini 7 Pelayanan Gratis ke Rakyatnya. ***

(Editor: Eric/Inews.id)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال