Menjadi ladang ibadah bagi Aipda Liwail Amri Menjalani tugas sebagai polisi RW

Sampang, Tribuntujuwali.com
Menjadi ladang ibadah bagi Aipda Liwail Amri Menjalani tugas sebagai polisi RW, seorang anggota Polri yang menyandang jabatan sebagai Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Sampang.

Namanya yang sudah tidak asing ditelinga masyarakat tersebut, diberi amanah Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, untuk menjadi Polisi RW di Dusun Poteran, Desa Dharma Camplong, Sampang, Jawa Timur.

Meski demikian, amanah yang diberikan kepada Aipda Liwail Amri, menjadi tanggung jawab besar dan suatu ladang ibadah baginya, karena di wilayah tugasnya juga kental akan budaya religi.

Hal itu terbukti, dengan rutinnya masyarakat Dusun Poteran, Desa Dharma Camplong, mengadakan kegiatan pengajian yang dikemas dengan sholawatan, tahlil dan doa bersama.

Maka atas dasar hal tersebut, wajib bagi Aipda Liwail Amri sebagai Polisi RW, untuk berbaur bersama masyarakat, mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di desa setempat.

Selain sebagai ladang ibadah, anggota Polres Sampang yang dikenal akan jiwa sosialnya ini, sembari menyampaikan imbauan-imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Saya hadir dalam pengajian atau kegiatan keagamaan tersebut, kewajiban bagi saya selaku Polisi RW. Selain hadir di pengajian dikalangan bapak-bapak, saya juga hadir di pengajian ibu-ibu muslimat," ujar Amri kepada Media, Jumat (14/07/2023).

Namun dirinya tidak hanya sekedar hadir, melainkan menyampaikan imbauan-imbauan tentang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), seperti diinstruksikan Kapolres Sampang.

"Saya mengajak mereka, untuk bergotong royong menjaga keamanan, sehingga Harkamtibmas dibawah tetap terjaga, dan mewujudkan Kamtibmas di desa itu aman dan kondusif,"ujarnya.

Dalam menghimbau kepada warga untuk menjaga kekompakan, keharmonisan dan jalin silaturahmi yang baik, dengan tetangga maupun dalam lingkup keluarga.

"Saling membantu satu sama lain dalam kebaikan, tingkatkan jiwa sosial kita terhadap tetangga. Menjaga keamanan dan ketertiban, jangan melakukan perbuatan yang dapat mengganggu ketertiban umum," imbaunya.

Amri juga menyampaikan, apabila terdapat suatu permasalahan, dianjurkan agar dimusyawarahkan dengan baik, sehingga kerukunan tetap terjalin dan terjaga dengan baik.

"Kami siap untuk hadir dalam berbagai kegiatan keagamaan dan lain-lain, demi terciptanya Kamtibmas aman kondusif. Apabila terdapat gangguan keamanan dan bencana, bisa menghubungi saya selaku Polisi RW," pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kasat Binmas Polres Sampang AKP Moh.Mohni, membenarkan terkait kegiatan yang dilakukan anggotanya, selalu hadir dalam kegiatan keagamaan di wilayah tugasnya.

Pada dasarnya, ungkap Mohni, tugas dari polisi RW, salah satunya adalah melakukan interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun kesan baiik (good impression), bersama warga memecahkan masalah, yang tingkat permasalahannya kecil (problem solving).


Moh Sahidi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال