Harapan Salah Satu Masyarakat Yang Berdomisili Disekitar Wilayah Adat Kajang Bulukumba Pada Pemilu 2024



Bulukumba,- TRIBUNTUJUWALI.COM Pesta demokrasi ini tidak hanya menjadi arena gegap gempita partai politik yang akan berpartisipasi, peserta pemilu yang berusaha meraih dukungan, maupun simpatisan yang mendedikasikan diri mereka memastikan sosok yang didukung memenangi kontestasi.

 

Mereka memiliki hak memilih, berpartisipasi sebagai peserta, bahkan juga dapat menjadi penyelenggara pemilihan umum. Bahkan, bagi masyarakat adat, pesta demokrasi lima tahunan itu menjadi langkah yang begitu penting untuk menentukan ruang politik mereka.

 

Hal itu karena meski memiliki kesamaan dengan masyarakat umumnya, masyarakat adat punya hal spesifik yang kini terus diperjuangkan, seperti wilayah adat, hukum adat, norma adat, hutan adat, dan kebudayaan khas dari komunitas itu.

 

Salah satu masyarakat Adat Kajang, Rukman menyatakan selama ini masyarakat adat kesulitan dalam merealisasikan hak-hak adatnya ketika mereka kesulitan mengakses ruang-ruang politik dalam menentukan kebijakan, baik di tingkat nasional maupun daerah,Sabtu (14/10/23).

 

Dan untuk masyarakat adat, semakin banyak generasi-generasi yang terpilih, tentunya harapan dalam merealisasikan apa yang telah diperjuangkan selama ini peluangnya menjadi semakin besar.


"Dengan Demikian kamipun sangat berharap agar seluruh lapisan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam mewujudkan kondusifitas wilayah dengan tidak menggunakan politik identitas, tidak menggunakan politik uang, tidak menyebar berita hoax dan bersama sama mensukseskan pemilu tahun 2024", tutupnya.(**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال