Diaolog Interaktif Dengan Tema “Wujud Binmas Noken di Tanah Papua


Jayapura, Tribuntujuwali.com
 – Polda Papua melaksanakan dialog interaktif dengan tema “Wujud Binmas Noken di Tanah Papua” bertempat di Stasiun LPP TVRI Papua, Kamis (02/06).

Hadir sebagai narasumber yaitu Kasatgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz-2022 Kombes Pol. Nanang Purnomo S.H, M.H, Kepala Seksi Pakan Dan Sarana UPTD Balai Pembibitan Ternak, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua drh. Rafael Heri Nugroho dan Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut & Usaha Pelabuhan KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid.

Pada kesempatanya Kasatgas Binmas Noken mengatakan bahwa Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz ini pelaksanaannya ada di 5  wilayah kabupaten Pegunungan Papua yaitu, Yahukimo, Nduga, Puncak, Intan jaya, dan Pegunungan Bintang.

“Satgas Binmas Ops Damai Cartenz memiliki beberapa Program, diantaranya ada 5 Program yakni KASUARI (Kesejahteraan Untuk Anak Negeri), dengan kegiatan utama untuk membantu masyarakat dalam bidang Peternakan, Pertanian maupun Perkebunan,” ucap Kombes Pol Nanang.

Lanjut, kemudian yang kedua Program KOTEKA ( Komunikasi Tokoh Elit Kamtibmas), di dalam Program ini satgas Binmas Melakukan Komunikasi dan dialog dengan tokoh tokoh, baik itu masyarakat, Adat dan agama dengan mengedepankan kearifan lokal dengan harapan menciptakan Kamtibmas Kondusif di Wilayah Pegunungan Papua.

“Selanjutnya di program ketiga kita ada Program SI-IPAR atau Polisi Pi-Ajar, di Program ini Satgas Binmas menyasar kepada anak-anak Sekolah dengan kegiatan mengajar kepada anak-anak di 5 Wilayah Pegungan. Namun dalam Program ini, kami satgas Binmas tidak bekerja sendiri, kami lakukan korrdinasi dengan dinas Pendidikan, sehingga nantinya kami mampu memberikan materi pelajaran yang kompeten kepada mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut, program keempat yakni MATOA (Milenial Torang Maju), kegiatan ini pihaknya mendorong masyarakat Papua yang memiliki bakat-bakat positif dengan kita gandeng agar nantinya dapat menyalurkan bakatnya sehingga apa yang di inginkannya dapat tercapai.

“Kemudian yang terakhir, kami memiliki Program Keladi Sagu (Kesehatan Lambang Diri Sehat Guna), dalam Program ini kami memberikan Pelayanan Kesehatan Kepada masyarakat, dengan Personel yang turun Kelapaganan adalah mereka yang memiliki kemampuan dalam Bidang kesehatan. Dalam Program ini juga Tim Medis Binmas Noken kami bekerja sama dengan Pelayanan Kesehatan yang ada, seperti Puskesmas, Poliklinik dan Pustu. Namun bila di wilayah tidak memiliki layanan Kesehatan, Tim Medis Binmas Noken ini Door To Door mencari orang-orang yang sakit dan diberikan pengobatan,” imbuh Kasatgas Binmas Noken.

Kombes Pol Nanang menyatakan ini sedikit gambaran dari Satgas Binmas Ops Damai Cartenz. Dalam melaksanakan tugas Satgas Binmas juga dituntut harus mampu mengedepankan dialog komunikasi sehingga Polisi dengan masyarakat yang dilayani sehingga keberadaan Polisi diterima oleh masyarakatnya.

“Dalam pelaksanaan tugas, Binmas Noken juga perlu bermitra dengan pihak lain, seperti yang sedang kita lakukan saat ini dengan mensejahterakan Masyarakat kita mengandeng dari dinas Pertanian,” tambah Kasatgas.

Dalam Kesempatan yang sama drh. Rafael Heri Nugroho mengatakan bahwa Dinas Pertanian sangat mendukung kegiatan dari Binmas Noken, salah satunya adalah dalam Program KASUARI dengan menyediakan kebutuhan-kebutuhan, seperti Bibit Kopi, Bibit Ternak Babi dll, dimana ini nantinya diberikan kepada masyarakat untuk dikembangkan, sehingga roda perekonomian di Papua akan lebih maju.

“Melihat hal ini, kami dari Dinas Pertanian tidak tinggal diam, kami juga turut membantu Binmas Noken dengan memerikan sarana kesehatan hewan  dan kami juga membantu dalam Penyediaan Bibit Ternak dan Bibit Kopi,” lanjut Rafael Heri Nugroho.

Disisi lain, Willem Thobias Fofid, A.SiT., M.Pi menyatakan bahwa apa yang disampaikan pak Nanang merupakan sebuah inovasi dan akselerasi yang baru, seperti kita ketahui bersama, dalam bisnis Distribusi Logistik, kita berbicara mengenai sebuah ekosistem yang sangat besar, Bapak Presiden Melalui Kementerian Perhubungan telah menjalankan Program strategis nasional salah satunya TOL Laut, dan dari TOL laut ini, pihaknya juga lakukan kerjasama dengan Satgas Binmas Noken.

“Dimana Program-program dari Binmas Noken ini memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Papua, oleh sebab itu kami juga akan membantu, bila hasil bantuan Satgas Binmas kepada masyarakat ini melimpah, kami siap membantu dalam bidang angkutan, untuk di ekspor keluar Papua, sehingga Perekonomian dari masyarakat di Pedalaman Papua dapat berkembang dengan baik,” tandas Willem Thobias.
(Eric@)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال