Sekolah SMK Negeri 1 Bojong Gede Kabupaten Bogor diduga lakukan Pungli

BOGOR, Tribuntujuwali.com
Awak media telah melakukan temuan pada hari Rabu tanggal 17 / 05/2023 untuk kepala sekolah, namun tidak ada tanggapan dari pihak kepala sekolah SMK 1 Negri Bojong gede  bahwa ada Dugan praktek  pungli alias pungutan liar (Pungli) .

Hal tersebut telah merusak kehidupan bangsa dan negara Indonesia, khususnya bermasyarakat Indonesia. 

Untuk itu Pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat harus bertindak tegas, jangan memandang sebelah mata. Diminta untuk pemerintah perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera. Dalam upaya pemberantasan pungutan liar itu, pemerintah memandang perlu dibentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar.
 
Atas dasar tersebut, Pemerintah terbitkan Undang-undang melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) untuk menghindari terjadinya pungutan, khususnya di Sekolah dengan dalih kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan Program Pendidikan.
 
Namun, Perpres tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bogor. Walaupun bertentangan dengan Perpres 87/2016, masih banyak Sekolah yang melakukan pungutan terhadap orangtua siswa, dengan dalih acara jalan-jalan, study tour, kunjungan industri, kegiatan pengenalan karakter dan lain-lainnya.
 
Seperti SMK Negeri 1 Bojong gede Cibinong, ada orang tua wali murid tidak terima dengan inisial A. yang menghubungi Biro Bogor Ginews tv investigasi.com untuk melakukan kegiatan jalan-jalan (study tour), kunjungan industri ke bandung pada hari Sabtu tanggal 27 Mai 2023, dengan biaya per siswa dipungut sebesar Rp.1,2 Juta. berdasarkan info orangtua siswa inisial A dipungut sebesar Rp.1,2 Juta rupiah.
 
Maraknya pungutan di beberapa Sekolah Negeri di Kota Kabupaten Bogor, salah satunya SMK Negeri 1 Bojong gede  dengan modus kegiatan dari sekolah. Hal itu sangat membebani sejumlah orangtua siswa. dimana orangtua siswa terpaksa harus mencari uang  demi anak bisa ikut Study Tour kunjungan industri ke bandung.
 
Sementara, Kepala SMK Negeri  1 Bojong gede, AMAN SIHOMBING M.PD  , ketika dihubungi lewat (WA) tidak ada jawaban dan tidak ada menjelaskan perihal kegiatan tersebut. Dan langkah selanjutnya, disini Wartawan sebagai kontrol sosial akan menggali dugaan praktek pungli tersebut, untuk lebih lanjut

( M & team Media)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال