Detik Detik Proklamasi, Satlantas Polres Majalangka Ajak Pengguna Jalan Beri Penghormatan


Majalengka, Tribuntujuwali.com
Para pengguna jalan di Majalangka kompak menghentikan kendaraannya saat detik-detik proklamasi. Momen pengguna jalan mematikan mesin lalu hormat ke bendera merah putih sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya. Rabu (17/8/2022).

Momen tersebut terjadi di traffick light simpang 4 Jalan KH Abdul Halim Kabupaten Majalengka. Awalnya arus lalu lintas dari arah Barat ke timur atau dari arah Kadipaten menuju Majalrngka maupun sebaliknya terpantau ramai lancar seperti biasanya.

Namun, suasana berbeda terlihat saat menjelang detik-detik proklamasi di lokasi tersebut. Ketika sirine berbunyi tepat pukul 10.18 WIB, kendaraan di semua lajur berhenti. Petugas Satlantas Polres Majalengka yang berada di lokasi langsung membagikan bendera ke setiap pengguna jalan.

Seketika itu, seluruh pengguna jalan mematikan mesin kendaraannya. Baik yang roda dua maupun roda empat. Mereka langsung berdiri dengan sikap sempurna dan hormat ke bendera merah putih sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Upacara detik-detik proklamasi di jalan ini diinisiasi oleh Satlantas Polres Majalengka, Momen tersebut berada di 3 titik yakni di simpang 4 Jalan Abok, simpang 4 Jalan Bunderan Munjul dan simpang 4 Bunderan Cigasong.

Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Ngadiman mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mengajak untuk mengenang jasa para pahlawan.

"Ini untuk mencintai tanah air kita, NKRI ini harus harga mati. Inilah yang kita tanamkan ke pengguna jalan dan pejalan kaki tadi juga ikut. Bisa dilihat, dari ujung barat, timur, selatan dan utara hampir semua orang keluar ikut upacara sesingkat itu," kata Kasat Lantas.

Tidak hanya itu, momen tersebut juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi keselamatan berkendara, dari lalu lintas tadi memberikan imbauan-imbauan ke pengguna jalan agar tetap tertib berlalu lintas, tertib rambu-rambu dan lainnya. Itu untuk kamseltibcarlantas kita," pungkasnya.
(Eric@)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال