Sinergitas TNI-Polri di Provinsi PB dan PBD, Kapolda Papua Barat Sampaikan Permohonan Maaf Kepada TNI-AL

Sinergitas TNI-Polri di Provinsi PB dan PBD, Kapolda Papua Barat Sampaikan Permohonan Maaf Kepada TNI-AL



Sorong.PBD, Tribuntujuwali.com
Polda Papua Barat bersama TNI AL dalam hal ini Koarmada III akan melakukan penyelidikan secara utuh dan tuntas terhadap insiden bentrok antara oknum personel Brimob Polda Papua Barat Batalyon B Pelopor Sorong dengan personel dari TNI AL Pomal Lantamal XIV Sorong.

Menurut Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Johnny Eddizon Isir, S.IK, M.T.C.P saat melaksanakan press conference di Polresta Sorong bersama Laksamana Muda TNI Hersan, SH, M.SI, M.Tr, Opsla (Pangkoarmada III) yang didampingi oleh Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos (Danpasmar 3), Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos, MM (Danrem 181/PVT), Danlantamal XIV yang di wakili oleh Kolonel (P) Glory. S (Asintel Lantamal XIV Sorong), PLT KSOP serta PJU dari Koarmada III maupun PJU dari Polda Papua Barat pada Minggu malam. (14/04/24).

Kapolda Papua Barat menjelaskan terkait insiden yang terjadi di Kota Sorong dan saat ini Polda Papua Barat pada dasarnya akan terus berkoordinasi dengan Pangkoarmada III untuk menindaklanjuti kejadian tersebut dengan penyelidikan secara utuh dan menyeluruh guna mencari solusi, kemudian akan diikuti dengan sanksi tegas kepada oknum anggota yang terbukti bersalah.

“Kita akan terus melakukan penyelidikan secara utuh dan menyeluruh terkait insiden bentrok antara oknum personel Brimob dan personel TNI AL," tegas Kapolda Papua Barat.

Penyelidikan ini dilakukan guna mencari titik terang dari akar permasalahan atas pertikaian yang terjadi dan selanjutnya akan diikuti dengan sebuah tindakan tegas sebagai upaya jera terhadap oknum anggota yang terbukti bersalah.

“Jadi kami dari Tim Polda Papua Barat akan bekerja sama dengan Tim dari TNI AL (Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong), akan turun langsung dan melalukan penyelidikan terhadap kasus permasalahan yang terjadi di Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Kapolda Papua Barat juga menyampaikan permohonan maaf kepada Pangkoarmada III beserta jajaran, Danlantamal XIV beserta jajaran, Danrem 181/PVT beserta jajaran, Danpasmar 3 beserta jajaran terlebih khusus kepada TNI AL atas kejadian tersebut sehingga dengan harapan agar ke depan nanti insiden seperti ini tidak terjadi lagi sehingga solidaritas antara TNI dan Polri di wilayah Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya, khususnya di Kota Sorong akan tetap dan selalu terjalin dengan baik.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan bahwa tidak lama lagi kita semua akan melaksanakan satu agenda nasional yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung nanti di tahun 2024, sehingga kita semua harus berkomitmen antara TNI dan Polri untuk tetap menjaga serta mengawal agenda nasional itu supaya aman dan kondusif agar bisa dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

“Sampai sejauh ini, kami dari Polda Papua Barat bersama Pangkoarmada III sudah mendata rekan-rekan kita baik dari anggota TNI AL maupun Polri yang masih dalam perawatan, dan yang sudah menjalani perawatan dan telah kembali,” ungkap Kapolda Papua Barat.

Kemudian Kapolda Papua Barat memastikan bahwa penegakkan hukum terhadap oknum anggota yang nantinya terbukti telah melakukan pelanggaran, maka oknum anggota tersebut akan hukum sesuai perbuatan yang dilakukannya.

Kapolda Polda Papua Barat juga menjelaskan dan memastikan bahwa kerusakan yang terjadi di areal Pelindo Sorong akan secepatnya diperbaiki,” ucapnya.

Setelah penyampai dari Kapolda Papua Barat, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian dari Pangkoarmada III terkait insiden tersebut, dimana Pangkoarmada III sangat menyayangkan permasalahan yang terjadi di kota Sorong, sebab soliditas dan sinergitas yang selama ini sudah terjaga dengan baik dan dirusak oleh oknum-oknum individu.

Pangkoarmada III juga berharap, agar permasalahan seperti ini tidak akan terjadi lagi. Kemudian bagi oknum anggota yang sudah membuat permasalahan harus ditindak sekeras-kerasnya supaya perbuatan tersebut tidak akan terulang lagi.

Pangkoarmada III juga menyampaikan supaya anggota yang masih di rawat di rumah sakit segera diberikan perawatan sehingga bisa sembuh dan kembali berdinas.

”Kita harus tetap jaga soliditas dan sinergitas antara TNI dan Polri bersama masyarakat dalam Mengakhiri press conference Pangkoarmada III bersama Kapolda Papua Barat menyampaikan.

(Tim/Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال